Genshiken Staff Training 2018: GSTFest

Seperti tradisi tahunan, puncak acara kaderisasi Genshiken ITB adalah pameran karya-karya para calon staff Genshiken. Para ca-staff, yang telah mengerjakan karya visual modern (biasa disebut TA atau Tugas Asyik) secara berkelompok dan diawasi supervisor dari staff Genshiken ITB, diberikan wadah untuk memamerkan karya yang telah mereka buat. Pada tahun ini, pameran karya dikemas dalam bentuk GST Fest dan diadakan pada hari Minggu, 4 November 2018 di Tunnel ITB. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang hanya diperuntukan untuk kalangan internal Genshiken, tahun ini pameran karya dikelola oleh para ca-staff Genshiken dan bersifat terbuka untuk umum. Ca-staff yang terpilih untuk mengelola GST Fest adalah Wildan Rahadian (G ’18).Pada pameran ini, 87 calon staff Genshiken ITB, diwakili oleh 18 kelompok Tugas Asyik, memamerkan tugas mereka yang telah mereka buat selama sekitar 1,5 bulan. Karya-karya yang mereka buat sangat bermacam-macam, mulai dari gim digital, kumpulan cerpen, komik, light novel, properti cosplay, visual novel, hingga mini album musik digital. Selain pameran oleh para calon staff, tim developer Grand Genesis dari staff Genshiken juga membuka stan dan mengadakan sesi demo tabletop RPG Grand Genesis di GSTFest.

Pameran dibuka mulai jam 9 pagi secara internal untuk penilaian Tugas Asyik oleh para juri, dan dibuka untuk umum mulai pukul 10:30. Stan-stan didirikan di kiri-kanan Tunnel, dan dijaga oleh para ca-staff dari masing-masing kelompok TA. Setiap stan memiliki challenge untuk para pengunjung dengan tingkat kesulitan yang bermacam-macam, sesuai dengan jenis stan TA. Pengunjung yang telah menyelesaikan beberapa tantangan bisa mendapatkan apresiasi.

Karya-karya yang dihasilkan dan dipamerkan para ca-staff sangatlah bagus, mengingat ca-staff hanya memiliki waktu satu setengah bulan untuk mengerjakannya, dan faktor akademis seperti UTS dan sebagainya. Namun, karya-karya yang sudah dihasilkan selama TA dapat dikembangkan lebih lanjut lagi. Untuk itu, para staff berharap para (calon) staff G’18 mampu mempertahankan semangat berkarya dan berkontribusi mereka selepas masuk di Genshiken ITB.

Semoga!
Reportase oleh Qiston (G ’17) dan Afif (G ’17)
Foto dikumpulkan oleh Izzan (G ’17)

Comment is closed.