Comination 2.0 – Sebuah Pameran Komik dan Ilustrasi

Tepat pada sebulan lalu, 12-13 Desember 2019, Pasar Komik Maranatha atau yang akrab disebut Pakomar mengadakan suatu event bernama COMINATION 2.0 – Historically Futuristic yang bertemakan, yak, sesuai namanya, Historically Futuristic, dimana peradaban kuno memiliki teknologi yang canggih (setidaknya penulis menganggapnya seperti itu). Comination 2.0 yang diadakan di Universitas Kristen Maranatha ini juga mengadakan berbagai hal menarik seperti comic market, workshop, dan lainnya. Langsung saja kita simak keseruan pameran komik & ilustrasi ini.

Pameran Karya

Di salah satu bagian, kita dapat menikmati dan melihat-lihat karya-karya ilustrasi dari anak-anak Pakomar yang bertemakan Historically Futuristic ini.

Deretan ilustrasi karya Pakomar

 

Seminar

Pada hari pertama, diadakan Seminar bertajuk “NgeBranding Lewat Komik” yang dibawakan oleh Dike Akbar & Fairuz Rizani dari Ciayo Comics. Pada hari kedua, dibawakan juga seminar “Dari Komik menuju Film” oleh Imansyah Lubis.

Potret Feiruz Rizani sedang membawakan seminar

Workshop

Workshop ini  dibawakan oleh Didan Bay dan Prima R. Bardin dari Rubbercube, mengenai “Kebiasaan Mensketsa untuk Komikus dan Ilustrator” pada hari pertama. Esoknya diadakan juga workshop dengan topik “Ideasi untuk Desain Karakter”.

Potret antusiasme peserta workshop
Potret workshop yang diadakan pada hari kedua

Booth Circle

Ada booth yang tersedia di Comination 2.0 ini, disini para peserta seminar & workshop maupun pengunjung dapat membeli berbagai merchandise yang dijual. Terlebih lagi, Genshiken ITB sebagai partner dari Pakomar juga diberikan satu booth secara gratis 😀

Para staff Genshiken yang sedang menyiapkan booth

 

Pojok Diskusi: Komunitas Komik

Seperti yang telah judulnya berikan, diskusi antara perwakilan dari berbagai komunitas ini bercerita tentang susah-senang, keluh-kesah, dan ngobrol ria bersama.

Dari kanan ke kiri, ketua Pakomar, ketua Genshiken ITB, ketua Funco Comics, dan MC
Pemberian apresiasi oleh Pakomar

Free Draw Table

Salah satu hal menarik di Comination 2.0 ini adalah tiga buah kertas A1 yang diletakkan dibelakang agar para pengunjung dapat menggambar bebas.

Bagaimana keseruan Comination 2.0? Tunggu event selanjutnya dari Pasar Komik Maranatha.

Media sosial:
Instagram: @pakomaranatha
Line: @953ljizj
Facebook: Pasukan Komik Maranatha – Pakomar