News : Genshiken ITB Resmi Menjadi Media Partner Event Balon Kata!

balon_kata

(header : Balon Kata)

—————————-

Satu lagi perhelatan akbar akan segera terjelang dengan partisipasi aktif Genshiken ITB di dalamnya. Balon Kata – sebuah event seremonial yang berfokus pada eksibisi dan eksplorasi karya-karya terpilih komikus-komikus handal nusantara – kini telah resmi menggandeng Genshiken ITB selaku salah satu official media partner pada acara yang akan diselenggarakan Desember mendatang ini.

Salah satu faktor pembeda yang menjadi daya tarik event ini adalah pameran karya nan atraktif yang dibalut dengan sesi diskusi yang menekankan pada identitas komik nusantara. Sebagaimana dijelaskan oleh sang ketua acara Dila Alima, sesi diskusi pada event ini “memfokuskan bahasan tentang identitas komik Indonesia – bahwa gaya gambar itu tidak selalu jadi patokan suatu komik nusantara dikatakan Indonesia banget atau nggak“. Secara garis besar, Alima mengaku berharap dapat membuka mata para pelaku dan penikmat industri komik nusantara lebih jauh akan isu ini secara positif.

“Selama di dalam komik itu menampilkan unsur budaya atau keseharian atau kebiasaan masyarakat Indonesia, komik itu sudah bisa dikatakan sebagai komik nusantara,” ujar Alima menambahkan.

Sesi diskusi dicanangkan akan diwarnai oleh kisah-kisah inspiratif dari Sunny Gho (managing director KOSMIK), H. Aziz Ahmad (dosen FSRD ITB), dan Mukhlis Nur (komikus ONLY HUMAN). Akan bertindak selaku moderator pada sesi diskusi sendiri adalah M. Isa Pramana dari FSRD ITB.

Event Balon Kata sendiri merupakan event yang terintegrasi dengan rangkaian HobbieSphere, suatu fun gathering yang ditargetkan pada para penggiat hobi kreatif. Kick-off acara dan sesi diskusi akan dilangsungkan pada tanggal 20 Desember mendatang di Istana Bandung Electronic Center (BEC), dengan penyelenggaraan pameran direncakan menjelang selama satu minggu penuh.

(artikel oleh Zakaria S. Laksmana / Nivalyx, G ’13)