Feature Story : Mengenal Lebih Dekat Duo Maskot Genshiken ITB

gen-tan

(header : Penggambaran visual Gen-tan dan Gen-kun oleh julioalqae (2012))

—————————-

Sehubungan dengan partisipasi salah satu maskot Genshiken ITB (Gen-tan) dalam musim pertama kompetisi Liga Nusaimoe, sudahkah kamu mengenal sang tokoh bintang yang dijunjung oleh Genshiken ITB ini – beserta figur sang saudara seperjuangan, Gen-kun – secara mendalam? Jika belum, yuk bersama-sama kita sejenak berkilas balik menelisik kisah di balik kedua tokoh atraktif ini!

Sesungguhnya asal-muasal Gen-kun dan Gen-tan pada masa-masa awal pembentukannya tidaklah diketahui dengan pasti – apa boleh dikata, banyak dokumentasi dari masa-masa demikian yang lenyap entah kemana bak tertelan ruang dan waktu. Meskipun demikian, ‘generasi pertama’ kedua maskot Genshiken ITB diketahui pada awalnya didesain oleh A. Mirza (Genshiken ITB ’06) dan rekan-rekan yang kala itu bertujuan untuk memenuhi permintaan akan adanya maskot resmi Genshiken ITB dari sesama anggota. Turut terkisahkan bahwa kedua maskot tersebut melukiskan beragam anggota Genshiken ITB, dengan Gen-kun ditasbihkan sebagai sang kakak laki-laki yang merepresentasikan penelitian dan pengembangan (yang meliputi cosplay dan game) serta Gen-tan sebagai sang adik perempuan yang membawa semangat kekaryaan ilustratif dan musikal.

Sayang, kurang lengkapnya arsip terkait turut memburamkan tanggal peluncuran resmi kedua maskot tersebut. Penampilan publik perdana Gen-kun berhasil terlacak pada tertanggal 24 November 2007 pada event Genshiken Staff Training – rangkaian pelatihan para calon staff Genshiken ITB – sebagaimana yang tercuplik pada video Dies Natalis 9 Tahun Genshiken ITB lalu. Terkait sang adik sendiri, tidak diketahui kapan Gen-tan perdana diperkenalkan kepada khalayak luas.

—————————-

CIMG6173

(Gen-kun kala dipresentasikan dalam bentuk X-Banner pada rangkaian Genshiken Staff Training 2007)

—————————-

Dalam perkembangannya, pada tahun 2010 sempat ada wacana untuk menyisipkan kedua maskot pada desain jaket ungu-abu Genshiken ITB. Setahun menjelang, seiring dengan perhelatan OHU 2011 yang segera menjelang, Monitta P. (chiro) – ketua administratif Genshiken ITB kala itu – turut menyisipkan Gen-kun dan Gen-tan dalam banner promosional yang dipajang pada stand Genshiken ITB. Gambar digital dari banner yang bersangkutan bahkan digunakan sebagai cover photo dari fanpage resmi Genshiken ITB pada masa-masa awal kemunculannya.

Semangat untuk merevitalisasi citra Gen-tan dan Gen-kun mulai terlihat pada tahun 2012, seiring dengan bergolaknya sayembara logo baru Genshiken ITB yang bertujuan untuk menafaskan nuansa cerah pada tubuh Genshiken ITB kala itu. Gen-kun dan Gen-tan ‘generasi kedua’ pun digarap lebih menonjolkan semangat kekaryaan dan kerap digambarkan dengan lebih dinamis walaupun tidak dilengkapi dengan banyak atribut selayaknya Gen-kun dan Gen-tan generasi pertama. Tidak hanya itu, pada versi kedua ini pun tampilan busana Gen-kun dan Gen-tan telah diperbaharui agar sesuai dengan perkembangan zaman.

—————————-

gen-tan 2012

(interpretasi Gen-tan ‘generasi kedua’ oleh Go Namikaze (2012))

—————————-

Tersebutlah maskot yang telah terbaharukan tersebut lantas banyak disandangkan pada berbagai atribut resmi terkait Genshiken ITB selama beberapa tahun ke belakang, mulai dari berbagai merchandise hingga X-Banner yang digunakan pada stand Genshiken ITB di berbagai event. Tren positif inilah yang pada akhirnya membawa Gen-tan untuk dapat berpartisipasi dalam musim pertama liga Nusaimoe dengan enam puluh tiga maskot ikonik lainnya dari seantero nusantara.

Bagi yang ingin memberikan dukungannya terhadap Gen-tan pada kompetisi Nusaimoe yang tengah bergulir, silahkan mengikuti instruksi lebih lanjut yang tertera pada link ini.

(artikel oleh Zakaria S. Laksmana / Nivalyx, G ’13)

2 thoughts on “Feature Story : Mengenal Lebih Dekat Duo Maskot Genshiken ITB”

Comments are closed.