Genshiken Staff Training 2016 : Awal yang Menyenangkan!

GST DAY 0

“Tak kenal maka tak sayang”

Peribahasa itu dapat dikatakan sebagai latar belakang diadakannya GST Day 0. Bisa dibilang, GST Day 0 ini merupakan pertemuan semi formal pertama antara calon staff Genshiken dengan staff Genshiken ITB. Para ca-staff beramai-ramai mendatangi area CC Timur dan CC Barat. Mentor-mentor GST sudah menanti dengan wajah cerah, bahagia akan bertemu para ca-staff.

Pada pertemuan pertama ini, mentoring membahas hal-hal umum. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan tidak jauh-jauh dari ‘kenapa mau masuk Genshiken?’, ‘suka anime apa? Atau komik apa deh?’, ‘gimana kuliah minggu ke 2?’. Suasana yang santai membuat obrolan sore itu berlangsung dengan lancar, terlihat beberapa calon staff sudah tidak terlalu canggung lagi. Bahkan ada kelompok yang sudah tertawa lepas bersama. Sesi perkenalan awal Genshiken terhadap para calon staff sukses dilaksanakan pada GST Day 0!

GST DAY 1

GST Day 1 merupakan pertemuan kedua di rangkaian GST 2016. Pukul 14.00 siang para calon staff berkumpul di Selasar CAS telah untuk menjalani acara GST yang tentunya bakal seru banget. Panitia dan massa Genshiken pun sangat ber semangat  menyambut calon staff. Akan kedatangan keluarga baru pasti menyenangkan, kan?

GST Day 1 dimulai dengan pembukaan oleh MC kondang Genshiken, Icha G14 dan Yeksa G14. Dilanjutkan dengan presentasi dari Ketua Genshiken dan perwakilan seluruh divisi karya Genshiken (Ilustrasi, Musik, Pengembangan, Cosplay, Story, dan Game). Bukan Genhsiken namanya kalau tidak penuh canda dan tawa, pada sesi presentasi pun selalu diselingi dengan lelucon khas Genshiken. Para calon staff terlihat terhibur. Salah satu hal yang menarik dari sesi presentasi ini adalah pemutaran video dari Ketua Genshiken ITB Periode 2016-2017, Ahmad Kharies, yang saat ini sedang melakukan student exchange ke Jepang. Kehadiran Sang Naga, panggilan akrab Kharies, memang sangat ditunggu-tunggu oleh massa Genshiken. Karena itulah ketika video Kharies diputar, massa Genshiken seketika heboh.

Selain presentasi oleh divisi karya Genshiken, ada juga lho sesi presentasi singkat dari ITokuB (Institut Tokusatsu Bandung). Club pecinta tokusastu ini semakin menambah meriahnya GST Day 1. Beberapa calon staff terlihat sangat tertarik dengan ITokuB.

Sekitar pukul 16.30, acara pemaparan divisi telah selesai. Setelah penurunan tugas, para calon staff berkumpul per kelompok untuk mentoring. Materi mentoring tidak berat, hanya semacam sharing hal apa yang calon staff peroleh selama acara GST Day 1 berlangsung. Tawa dan canda mewarnai beberapa lingkaran kelompok, terlihat menyenangkan!

GST DAY 2

GST Day 2 dilaksanakan pada tanggal 10 September 2016 . Agenda utama hari itu adalah Amazing Race! Para calon staff yang sangat bersemangat telah memenuhi DPR sejak pukul 13.00. Selagi menunggu acara dibuka, para calon staff berkenalan satu sama lain dan mengakrabkan diri.

Setelah menunggu selama 15 menit, acara akhirnya dimulai. Amazing Race part 1 dilaksanakan di sekitar area Oktagon, Selasar Perpustakaan Pusat, DPR, dan Kantin Bengkok. Terdapat total 7 pos yang diisi oleh 6 divisi karya Genshiken (Cosplay, Ilustrasi, Game, Pengembangan, Musik, dan Story) serta satu pos khusus latihan kepemimpinan. Setiap pos akan “memaksa” para calon staff untuk menyelesaikan permainan agar bisa lanjut ke pos selanjutnya. Setiap permainan mempresentasikan kegiatan apa saja yang dilakukan divisi karya Genshiken selama ini, agar calon staff semakin mantap memilih divisi yang ingin dimasuki.

Rangkaian acara Amazing Race diakhiri dengan penurunan tugas dan sesi mentoring. Mentoring secara keseluruhan membahas apa yang diperoleh pada hari itu. Beberapa calon staff terlihat sangat bahagia menceritakan kesannya selama Amazing Race tadi. Tetap dijaga ya semangatnya! S_4928547380877