[Event] Gegap Gempita di Comifuro 8!

Dari tahun ke tahun, Comic Frointer atau lebih sering disebut Comifuro selalu menjadi salah satu event favorit untuk para penggemar hal berbau visual modern, seperti anime, kartun, film, bahkan komik. Tidak hanya penggemar, namun juga penggiat dunia kreatif di bidang tersebut. Secara umum, Comifuro mirip dengan doujin market khas Jepang.

Tahun ini Comifuro hanya dilaksanakan sehari saja pada tanggal 21 Januari 2017. Venue tahun ini berbeda dari tahun lalu, yaitu bertempat di ICC (Integrity Convention Center), MGK Mall, Jakarta Pusat. Acara dimulai pukul 9 pagi, namun antrian tiket sudah terlihat sejak pukul 8. Para pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 20.000,00 sebelum masuk ke dalam venue. Diberlakukannya sistem ticketing berbayar rupanya tidak menurunkan semangat para pengunjung untuk menikmati event tahunan ini.

Begitu memasuki venue, ratusan bahkan ribuan pengunjung memenuhi ruangan tersebut. Pada Comifuro tahun ini terdapat dua panggung yaitu panggung utama dan panggung uttaemita (artinya aku mencoba menyanyi). Panggung utama akan diisi oleh acara-acara utama, seperti launching perdana komik “Only Human 2” karya Mukhlis Nur dan talkshow dengan Ghostly Comic yang terkenal dengan tokoh Sultan dan tagline “khilaf”. Sementara panggung uttaemita mempersilahkan pengunjung untuk menyanyikan lagu, menari, bahkan membawakan drama. Panggung tersebut biasanya diisi oleh sekelompok pengunjung yang melakukan cosplay.

Dengan total booth dan space yang berjumlah 390, Comifuro 8 sukses membuat ruang interaksi antara para penggiat dunia kreatif dan para penikmatnya. Komunitas dunia kreatif kerap kali menjadikan Comifuro sebagai ajang untuk berkumpul dan bertukar pikiran tentang hal yang mereka sukai, entah itu anime, film, ilustrasi, atau komik. Intinya Comifuro merupakan tempat terbentuknya simbiosis mutualisme antar para penggemar dengan penggiat dunia kreatif, di mana penggemar dapat membeli barang terkait tokoh favorit mereka dan para penggiat industri kreatif dapat menjual produk buatan mereka sendiri. Banyak sekali industri kreatif yang menjual barang bertema anime dan film yang sedang hits sekarang, seperti Yuri On Ice sampai Fantastic Beast and Where to Find Them.

Written by : IM