[Review] A Silent Voice

 

A Silent Voice, atau Koe no katachi, yang jika diterjemahkan ke bahasa Inggris berjudul “The Shape of Voice“, merupakan sebuah animated movie hasil produksi Kyoto Animation yang ceritanya diangkat dari manga dengan judul yang sama. Film berdurasi 129 menit ini cukup panjang untuk sebuah karya animasi. Film ini mulai ditayangkan di Indonesia pada 3 Mei 2017 di CGV Blitz.

The Story 9/10

Agak sulit membicarakan bagian ini karena durasi film yang cukup lama. Tapi, sepanjang cerita tidak ada bagian yang tidak bermakna. Dari awal sampai akhir, perkembangan cerita tidak terlalu lambat atau ditunda-tunda dan bagian yang merupakan plot twist mendapatkan foreshadowing yang baik sehingga tidak terduga namun dapat dimengerti. Topik yang dibawakan cukup menarik karena jarang dibahas di cerita lain. Setelah itu semua, cerita diakhiri dengan cukup memuaskan.

The Characters 8.5/10

Karakter-karakter yang diperkenalkan dalam Koe no Katachi cukup beragam. Dari tokoh Ishida Shoya yang merupakan seorang bully yang berusaha menebus kesalahannya sampai tokoh Nishimiya Shoko yang tetap berusaha membaur meskipun memiliki keterbatasan fisik, setiap karakter ditampilkan memiliki motivasi dan pola pikirnya sendiri. Sayangnya, sebagai gantinya, beberapa karakter pendukung terasa kurang dibahas. Meski demikian, karakterisasi yang diberikan sudah cukup untuk membuat penonton merasakan emosi-emosi dalam suatu adegan.

The Sound 8/10

Salah satu tema utama dari film ini adalah kehidupan dari seorang gadis yang tuli. Sesuai dengan  tema itu, soundtrack yang digunakan tidak terlalu mencolok sehingga beberapa adegan terasa sunyi. Meskipun demikian, penggunaan soundtrack cukup sesuai dengan suasana sehingga mendukung adegan yang sedang ditayangkan.

Art and Animation  10/10

Sebagai film yang diproduksi oleh Kyoto Animation, kualitas animasinya memang tidak diragukan, dengan karakteristik background yang detail, warna yang cerah, dan desain karakter yang khas. Secara keseluruhan film ini enak dilihat.

Overall: 8.9/10

Sangat enjoyable, penulis tidak merasa dua jam berlalu saat menonton. Apakah anda tertarik?

 

-DT

Comment is closed.