Game

(ilustrasi : Cover buku ‘Riichi Mahjong – How To Play’, buku tutorial Riichi Mahjong karya Great Conspiracy Theory – illustrator : Iqro (Genshiken ITB ’09))

—————————-

Divisi Game merupakan divisi di bawah rumpun Divisi Karya yang mengkhususkan diri pada studi dan pengembangan game lintas media. Industri game dewasa ini tidak dapat dipungkiri telah menjelma menjadi komoditas visual modern dengan laju penetrasi paling cepat dewasa ini, dan Genshiken ITB – melalui Divisi Game – senantiasa berkontribusi aktif dalam hemisfer ini melalui berbagai game kreasi sendiri. Berbagai tahap dalam pengembangan suatu game – mulai dari perencanaan, pengembangan, beta testing, hingga peluncuran dan pemasaran – turut menjadi bahan kajian rutin Divisi Game.

Tidak hanya game digital semata yang dikembangkan oleh Divisi Game. Beragam karya dari beragam varian game non-digital – baik itu board game, card game, bahkan hingga modifikasi dari permainan tradisional sekalipun – telah berhasil ditelurkan dan diluncurkan oleh Divisi Game dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, salah satu card game orisinal hasil kreasi kolaboratif antar anggota Genshiken ITB angkatan 2014 – Character Cross – telah tampil di beragam event industri kreatif, termasuk Toys & Games Republic. Tak sedikit pula game digital karya staff Genshiken ITB yang telah menorehkan nama besar – tersebut sebagai salah satu contoh adalah visual novel Freak-Quency karya Xerofit51 (Genshiken ITB ’13) dkk. Dalam hal pengembangan keterampilan anggota, selain mengadakan tutorial rutin yang mencakup beragam subjek, Divisi Game turut mengadakan Agha’s Trial, sebuah sayembara yang menuntut kepiawaian para staff Genshiken ITB untuk berkreasi membuat suatu game sederhana yang berfokus pada suatu objek yang sudah ditentukan sebelumnya (semisal dadu atau penghapus).

Berikut beberapa kegiatan yang dibawahi oleh divisi game :

  • Kumpul Rutin
  • Agha’s Trial
  • Game Balancing Tutorial
  • RPG Maker Tutorial

—————————-

Hidup adalah permainan, permainan adalah hidup. Ciptakanlah duniamu sendiri!

Leave a Reply